Friday 8 January 2016

Pertempuran Surabaya

Gambar 1,1 pertempuran surabaya dan Bung tomo
    Hai sob kembali lagi bersama saya di IDAS_PWK kali ini saya akan memposting tentang sejarah pertempuran surabaya yang berlangsung pada tanggal 10 November 1945 langsung saja begini kejadian nya.

    Sekutu datang ke surabaya pada tanggal 25 Oktober 1945 dibawah pimpinan jendral mallaby.
                                                           Gambar 1.2 Jendral malaby
 Kedatangan sekutu mengadakan serbuan ke penjara republik untuk membebaskan perwira-perwira sekutu dan pegawai RAPWI (Relief Of Alied Prisoners o War and Internees) yang di tawan pihak Indonesia.
    Sebagai balasan dari tindakan sepihak sekutu, tanggal 28 dan 29 Oktober 1945, Pos-pos sekutu diserbu oleh rakyat Surabaya. hanya dalam waktu singkat pasukan inggris nyaris hancur. Pada tanggal 30 Oktober 1945 terjadi pertempuran yang hebat di gedung bank internasiona di jembatan merah. Pertempuran itu menewaskan Brigjen Malaby. Akibat meninggalnya brigjen mallaby, Inggris memberi ultimatum, isinya agar rakyat surabaya menyerah kepada sekutu. Secara resmi rakyat surabaya,yang diwakili Gubernor Suryo menolak ultimatum Inggris.
Gambar 1.3 Gubernur suryo
    Akibatnya pada tanggal 10 November 1945 pagi hari, pasukan Inggris mengerahkabn pasukan infantri dengan senjata-senjata berat dan menyerbu surabaya dari darat, laut, maupun udara, rakya Surabaya di bawah pimpinan Bung tomo yang memiliki slogan merdeka atau mati dengan gagah berani memaki peralatan seadanya yang didapat dari hasil merampas senjata rakyat inggris melakukan perlawana terhadap sekutu demi membela bangsa dan negara dan atas perjuangan rakyat surabaya maka tanggal 10 Noverber dikenal sebagai hari pahlawan indonesia.
    Sekian dari saya semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment